Senin, 26 Maret 2012

10 Fobia Aneh dan Unik

yayayay cuman mau posting yang beginian aja yaahh :)


1. Geliophobia: ketakutan luar biasa terhadap gelak tawa atau berada di sekitar orang yang tertawa. Penderitanya memiliki kecemasan yang ekstrim saat menonton lelucon dan pada saat menemukan orang lain tertawa didekatnya.
2. Pantophobia: ketakutan akan segala hal. Penderita fobia ini dideskripsikan memiliki rasa takut yang semu dan terus-menerus akan sesuatu yang tidak diketahui dan jahat. Pada kondisi ekstrim, penderitanya bisa mencapai tahap kegilaan.
3. Hedonophobia: ketakutan akan perasaan senang. Penderita hedonophobia merasa bersalah bila merasa bahagia. Perasaan ini muncul karena mereka terlalu memikirkan perasaan orang lain disekitarnya masih kesusahan.
4. Levophobia: ketakutan pada benda-benda yang berada di sebelah kiri. Sebaliknya, takut akan sesuatu di sisi kanan disebut Dextrophobia.
5. Counterphobia: menyukai situasi yang menakutkan. Phobia ini agak berbeda dengan phobia lainnya. Penderitanya berusaha untuk menghindari objek yang menjadi sumber ketakutan mereka, sehingga mereka dengan sengaja mencari sesuatu yang dapat membuat mereka takut.
6. Alliumphobia: ketakutan terhadap bawang putih. Penderita biasanya mengalami reaksi eksentrik setiap kali mereka melihat atau mencium bau bawang putih. Banyak orang yang 'memplesetkan' penderita alliumphobia sebagai jelmaan vampir.
7. Phobophobia: ketakutan akan memiliki rasa takut itu sendiri atau terhadap fobia itu sendiri. Penyebabnya bisa disebabkan dari kombinasi peristiwa traumatik dan penyebab internal, seperti masalah genetika atau keturunan.
8. Cibophobia: ketakutan pada makanan itu sendiri. Penderitanya menghindari makanan dan menganggap beberapa makanan itu menjijikkan. Fobia ini sering dianggap sama dengan anorexia, padahal keduanya amat berbeda.
9. Arachibutyrophobia: ketakutan yang berlebihan pada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Orang yang memiliki fobia ini akan sangat merasa terganggu atau malu untuk mengeluarkan selai yang terjebak di bagian atas mulutnya, terutama di tempat umum. Akibatnya, penderita fobia ini tidak akan makan selai kacang seumur hidup mereka.
10. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia: ketakutan pada kata atau kalimat yang panjang. Penderitanya cenderung mudah marah atau ketakutan saat menemukan tulisan dengan kalimat yang panjang-panjang.
Thank you~

1 komentar: